Senin, 17 September 2012

bagaimana cara memetik senar gitar dengan pick (plektrum)

Cara memetik senar gitar ada berbagai macam cara, seperti :
  1. menggunakan pick /plektrum
  2. menggunakan jari tangan
yang akan saya bagi disini adalah bagaimana cara memetik senar gitar dengan pick. pick adalah bahan yang terbuat dari plastik, besi, kuningan, atau sejenis lempengan yang membentuk pick dengan ukuran yang disesuaikan penggunaan pada saat kita memetik senar. 
ukuran pick yang saya pakai pribadi adalah 2 mm dari bahan plastik
dan teknik yang saya pakai adalah "ALTERNATE PICKING" , yaitu bagaimana kita bisa membangun power, speed, dan akurasi dari alternate picking hanya dengan menggerakkan jari jempol dan jari telunjuk ke atas dan kebawah (down stroke dan up stroke ) tanpa harus menggerakkan lengan dan telapak tangan. teknik ini saya sebut sebagai "FIVE SCELETON PICKING" , teknik ini saya kembangkan dan telah dicatat dibuku "EXTREME SPEED PICKING" yang beredar di GRAMEDIA seluruh Indonesia.

" ALTERNATE PICKING " sangat populer dikalangan para gitaris tingkat dunia, dan dipakai hampir gitaris yang menggunakan kecepatan dan power yang kuat, sedangkan untuk teknik picking lain masih banyak juga , seperti economic picking, sweep picking, hybrid picking, chicken picking, dan masih banyak lagi yang lain

Perhatikan gambar dibawah ini : menggunakan alternate picking

keterangan : n = downstroke (petikan kebawah )  , v= up stroke (petikan keatas)

petikan dilakukan berulang-ulang, dibantu menggunakan metronome dari tempo paling rendah sampai yang paling tercepat.




1 komentar: